Selamat Datang

    Warung Bebas TV Streaming

    Senin, 03 Februari 2014

    10 Tips Agar Flashdisk Tahan Lama


    Terkadang kita sering menggunakan flashdisk untuk hal yang penting karena ukurannya yang kecil dan kapasitasnya yang lumayan besar, juga mudah dibawa kemana-mana. Namun kadang orang tidak memperdulikan bagaimana cara merawat flashdisk dengan benar. Tentunya bakal tidak seru jika kita kehilangan data yang ada di dalam flashdisk, padahal kita sedang  membutuhkannya.

    Nah, bagaimanakah cara merawat flashdisk agar tahan lama?

    1.    Jauhkan flashdisk dari medan magnet tinggi seperti speaker dan semacamnya,  supaya penyimpanan data tidak terganggu. Ini tak jauh berbeda dengan perlakuan untuk perangkat elektronik lainnya.

    2.    Hindari menyimpan flashdisk di tempat lembab, tapi di tempat yang bersih yang tertutup supaya komponen di dalamnya tidak kotor dan berkarat.
    3.    Backup selalu data ke komputer dengan perlindungan antivirus yang baik sebagai langkah upaya antisipasi. Agar data-data penting keamanannya dapat terjamin.

    4.     Scan flashdisk dengan antivirus terbaik supaya virus dari komputer lain tidak terbawa pada notebook atau PC milik Anda.

    5.    Hindari flashdisk dari benturan, panas atau dingin yang berlebihan agar komponen di dalamnya awet dan tidak rusak.
    6.    Eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari komputer/notebook.

    7.    Jangan mengedit file yang ada di flashdisk secara langsung. Sebaiknya filenya di-copy dahulu sebelum diedit tersebut ke harddisk PC/laptop. Jika sudah selesai baru file dipindahkan kembali ke dalam flashdisk.

    8.    Hindari mem-format flashdisk terlalu sering, karena dapat mengurangi jumlah batasan hapus tulis. Dan selalu defrag flashdisk minimal sebulan sekali, agar kinerja flashdisk menjadi optimal.

    9.    Agar tidak mudah hilang/jatuh, lengkapilah flashdisk dengan tali pengaman. Jaga baik-baik tutup flashdisk supaya konektor flashdisk tetap aman dari debu yang mengotori.
    10.    Beli flashdisk yang direkomendasikan memiliki ketangguhan bodi, seperti anti bentur dan guncang, yang saat ini sudah mulai banyak beredar di pasaran

    Semoga bermanfaat.




    Sumber:    Alpha News









    0 komentar: