Halo sobat blogger, kali ini saya akan memberikan 10 Tips membuat Profil LinkedIn yang mengesankan, lihat dibawah ini!

Jadikan profil Anda sebagai cara mempromosikan brand Anda—sebuah perantara untuk mempromosikan keahlian, pengetahuan, dan kepribadian Anda. Layaknya sebuah brand, Anda dapat memanfaatkan profil LinkedIn untuk mendapatkan kepercayaan dari jaringan profesional Anda. Berikut ini sepuluh tips-tips yang dapat membantu Anda:
1. Ketika membuat resume, jangan asal ‘cut and paste’
LinkedIn menyambungkan Anda dengan jaringan, bukan hanya pada departemen sumber daya sebuah perusahaan. Cantumkan penjelasan mengenai pengalaman dan keahlian Anda, dan tulis di profil Anda secara singkat dengan petunjuk visual atau tekstual. Tambahkan foto sehingga orang dapat mengenali Anda.
2. Tiru cara marketer-marketer andal
Beri sentuhan khas untuk profil Anda. Gunakan kata sifat yang spesifik, kata kerja yang beragam dan berkonotasi aktif. (‘mengelola proyek tim’, misalnya, bukan ‘bertanggung jawab atas pengelolaan proyek tim’).Cara Anda memperkenalkan diri adalah ciri khas milik Anda. Cantumkanlah itu di profil Anda.

Ketika membuka profil Anda, sebaris kata di bawah nama Anda adalah hal pertama yang orang lihat. Bahkan, kata-kata tersebut akan muncul saat orang melakukan pencarian terhadap nama Anda. Barisan kata tersebut lah yang akan langsung diperhatikan oleh orang yang melihat profil Anda. Jika Anda ingin kepribadian profesional Anda lebih menarik, rangkailah sesuatu yang dapat mendeskripsikan Anda hanya dengan sekilas pandang.
4. Manfaatkan Personal Elevator Pitch
Jika Anda diberikan waktu untuk mendeskripsikan diri dalam waktu 30 detik, Anda tentu hanya menyebutkan hal-hal paling signifikan saja. Ini lah yang disebut personal elevator pitch. Gunakan ini di bagian ‘Summary’ profil LinkedIn Anda untuk dapat menangkap perhatian dengan mudah dalam waktu hanya 5-10 detik saja. Semakin bermakna summary Anda, semakin banyak perhatian yang akan Anda dapatkan dari para pengunjung.

Jadikan lahan Skills & Expertise di profil Anda menjadi search engine optimizer pribadi Anda untuk mempermudah orang menemukan dan mengingat Anda. Menambahkan keterampilan dan keahlian yang spesifik menjadikan Anda unik dan lain dari yang lain.
6. Paparkan pengalaman Anda
Bantu pengunjung profil Anda untuk memahami apa yang perusahaan Anda lakukan dan bagaimana peran Anda di sana dengan singkat, jelas, dan padat.
7. Tingkatkan Google PageRank Anda
Manfaatkan bagian Additional Information untuk menunjukkan apa saja yang menarik minat Anda. Tambahkan juga website yang memuat kemampuan atau ketertarikan Anda terhadap sesuatu.
8. Bedakan diri Anda dengan kerumunan.
Dapatkan rekomendasi dari kolega, klien, dan karyawan yang dapat berbicara secara kredibel mengenai kemampuan dan prestasi Anda (utamakan kualitas, bukan kuantitas).

Koneksi adalah salah satu aspek terpenting dari brand Anda, karena perusahaan yang terhubung dengan Anda menercerminkan kualitas dari brand Anda sendiri. Kenali koneksi mana saja yang dapat menambah kredibilitas Anda dan pertahankan itu.
10. Aktif menggunakan LinkedIn
Profil LinkedIn Anda merupakan refleksi nyata dari kehidupan profesional Anda yang dapat Anda update dengan mudah, tidak seperti riwayat pekerjaan di atas kertas yang hanya bisa menunjukkan sedikit dari pengalaman Anda dalam satu waktu. Tetap aktif dalam LinkedIn juga menggambarkan bahwa Anda menyesuaikan diri dengan keadaan di sekitar Anda – baik itu karir, industri, atau koneksi Anda. Ekspresikan sudut pandang Anda terhadap suatu tren industri dengan memperbarui status, ataupun memberikan komentar terhadap news share koneksi Anda untuk membangun kredibilitas Anda. Segera hubungkan diri dengan kenalan profesional baru untuk menjaga hubungan profesional.
0 komentar:
Posting Komentar